openBVE(BVE berarti Boso View Ekspress) adalah game simulator kereta api yang dirancang untuk sistem operasi Windows, Mac OS X, dan platform Linux
Pembangunan dimulai pada 10 April 2008, dan versi stabil pertama, 1.0.0.0, dirilis pada tanggal 23 Maret 2009.
openBVE ditulis dalam C# and C, dan bergantung pada OpenGL grafis penyaji dan OpenAL audio engine. source code, program dikompilasi, dan dokumentasi yang "ditempatkan dalam domain publik", seperti yang dinyatakan dalam fileREADME.
openBVE berjalan dengan add-ons yang diciptakan oleh pengembang. Ada
beberapa situs komunitas yang dijalankan oleh pemain dan pengembang ,
yang berisi diskusi - diskusi tentang openBVE hingga pertanyaan seputar
masalah di openBVE, serta situs-situs download add-ons.
OpenBVE dapat menggunakan add-ons dari BVE Trainsim 2 dan 4, dan juga mengimplementasikan fitur tambahan, seperti perintah baru dan argumen untuk format file asli. Simulasi lebih maju seperti:Kereta di openBVE bisa dikendalikan kita sebagai masinis atau dengan menggunakan masinis otomatis, posisi kita di kabin masinis. Selain itu, add-ons yang digunakan di BVE Trainsim bisa digunakan di openBVE.
- rangkaian anjlok,
- terguling,
- peristiwa luar biasa,
- objek animasi yang bergerak,
- eksterior luar kereta,
- persilangan kereta, dan
- penyusulan kereta (tahap pembuatan).
OpenBVE juga mendukung .dll plugin untuk BVE 2 and 4, serta plugin baru untuk .NET Framework yang mendukung format file gambar yang lain.
Pada 7 Mei 2012, pengembang utama 'Michelle' menghentikan
proyek pengembangan openBVE dan meninggalkannya. Michelle meninggalkan
versi 1.4.1.2 sebagai versi terakhir yang tersedia. Situs resmi juga
telah ditutup, namun hal ini hanya kebetulan - penghentian dan mematikan
website yang tidak terhubung.
Odakyufan, wakil pengembang dari OpenBVE, mendirikan sebuah
halaman web sementara untuk link download dan dokumentasi, sebelum masa
depan simulator ini diputuskan dan juga meng-update openBVE, referensi
server berbeda untuk system download dalam game, menciptakan versi
1.4.1.2a, dan sekarang versi 1.4.3
Beberapa sofware pengembang tersedia. Seperti Object Viewer, Route
Viewer, Route Editor, dan Train Editor, Selain itu, editor teks berguna
juga untuk mengedit rute dengan format CSV dan RW, seperti Notepad dan Wordpad.
Dalam pembuatan objek di OpenBVE, hal yang paling dibutuhkan adalah pengetahuan tentang koordinat dan warna. Sistem koordinat yang dipakai adalah sistem X, Y, Z. Sedangkan sistem warna yang dipakai adalah R, G, B.
Beberapa objek memiliki kelengkungan, pembuatan objek menggunakan script yang cukup rumit, kecuali bagi para developer yang sudah hafal scriptnya.
Objek animasi merupakan gabungan dari beberapa objek,
bedanya objek animasi dapat bergerak di dalam rute. Gerakan objek dapat
berupa seperti lift, pintu perlintasan, dan sinyal mekanik.
Rute di OpenBVE merupakan gabungan dari semua objek maupun objek animasi. Beberapa struktur yang ada seperti :
- Tanah
- Tanggul/undakan
- Pagar
- Stasiun
- Sinyal
- Peron
- Persilangan kereta
- Dan lain-lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar